Minggu, 19 Mei 2013

PROLOG

Prolog diambil dari bahasa Perancil programmation en logique (pemrograman logika).
Prolog adalah bahasa pemrograman logika atau disebut juga bahasa non prosedural. Prolog disebut sebagai object oriented language atau declarative language. Di dalam Prolog tidak terdapat prosedur, tapi hanya tampilan data-data object yang akan diolah dengan relasi antar object yang membentuk suatu aturan.

TIGA JENIS PROLOG

1.  Strawberry Prolog



Strawberry Prolog adalah dialeg dari bahasa pemrograman Prolog. Sintaksnya sangat dekat dengan ISO-Prolog tetapi memiliki banyak ekstensi yang bukan bagian dari standar. Gagasan utama dari Strawberry Prolog sangat mudah digunakan dan oleh karena itu beberapa universitas menggunakan prolog untuk kursus.




2.  Visual Prolog

Visual Prolog sebelumnya dikenal sebagai PDC prolog dan turbo prolog yang merupakan bahasa pemrograman prolog yang berorientasi objek. Turbo prolog dipasarkan oleh Borland, tetapi sekarang dikembangkan dan dipasarkan oleh perusahaan Denmark Pusat Pengembangan Prolog (PDC). Visual Prolog dapat membangun Microsoft Windows GUI-aplikasi, aplikasi konsol, DLL (Dynamic Link Libraries.



3.  SWI Prolog


SWI Prolog merupakan open source implementasi bahasa pemrograman Prolog, biasanya digunakan untuk pengajaran dan semantic web aplikasi. Memiliki seperangkat kaya fitur, perpustakaan untuk logika pemrograman kendala, multithreading, Unit testing, GUI, dll. SWI Prolog berjalan pada UNIX, Windows, dan Machintosh.








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar